MakinBisa.Com

Mengenal Daerah Penghasil Kerajinan Tangan Keramik di Indonesia

Mengenal Daerah Penghasil Kerajinan Tangan Keramik di Indonesia

Mengenal Daerah Penghasil Kerajinan Tangan Keramik di Indonesia

 

 

 

Sebetulnya kerajinan keramik memang bukan asli Indonesia, namun hal ini jangan disepelekan ya, karena tangan-tangan kreatif dari para pengrajin keramik di Indonesia itu gak kalah keren loh. Gak heran karena kehebatan tangan pembuat keramik di Indonesia, dapat menembus pasar dunia. Bangga banget rasanya punya kerajinan tangan yang bisa dinikmati para pecinta keramik di seluruh dunia. Beragam jenis keramik seperti vas bunga, guci, patung dan dekorasi rumah adalah barang-barang yang menjadi langganan untuk di ekspor ke luar negeri. Nah buat Anda yang penasaran dan pengen tahu dimana sih daerah-daerah penghasil kerajinan keramik di Indonesia, di sini Kami akan memperkenalkan kepada Anda nih. Gak sabar dong ingin tahu dan mengenal lebih dekat daerah penghasil kerajinan keramik di Indonesia, yuk langsung aja kita simak !.

    Kerajinan Keramik Singkawang

Daerah pertama yang sangat terkenal dengan kerajinan tangan keramik adalah di Desa Sakok, Singkawang, Kalimantan Barat. Seperti yang kita tahu, awalnya memang kerajinan tangan keramik datang dari negeri Tiongkok. Namun karena keahlian dan tangan-tangan terampil dari para penduduk di Desa Sakok, kamu jadi gak perlu lagi jauh-jauh ke Tiongkok untuk bisa beli keramik kualitas bagus. Pembuatan keramik di Desa Sakok, Singkawang ini masih memproduksi keramik dengan cara tradisional. Nah buat Anda yang suka sama keramik tradisional, gak ada salahnya saat kamu berkunjung ke Singkawang untuk mampir ke Desa Sakok. Kamu bisa membeli keramik yang dijual dari tangan pertama dengan harga cukup murah juga loh.

    Kerajinan Keramik Plered

Kalau Anda senang membeli segala jenis perabotan rumah tangga dari keramik, kamu boleh nih berkunjung ke daerah penghasil keramik di Plered, tepatnya di Desa Anjun. Plered itu dimana sih ?, Plered adalah nama salah satu tempat di Purwakarta. Saat kamu berkunjung ke Plered, kamu bisa lihat banyak banget berbagai kerajinan tangan dari keramik untuk hiasan rumah dan perlengkapan rumah tangga lainnya yang punya corak dan warna yang bermacam-macam, dan gak lupa harga yang terjangkau. Awalnya, masyarakat setempat hanya membuat keramik dari tanah liat merah yang dipergunakan hanya untuk keperluan sehari-harinya saja. Seiring dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat yang semakin mencintai kerajinan tangan keramik, kerajinan di Plered ini bisa dibilang menjadi sebuah tumpuan dalam mendapatkan penghasilan dan pendapatan penduduk di sana.

    Kerajinan Keramik Banjarnegara

Daerah penghasil keramik selanjutnya datang dari desa Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jika Anda ada rencana untuk melakukan perjalanan ke Purwokerto via Wonosobo, kamu dapat menemui banyak galeri keramik di sepanjang jalan Banjarnegara. Desa ini membuat kerajinan tangan keramik dari bahan baku tanah liat (lempung), jadi proses pembuatan keramik di desa ini memang terbilang masih sangat sederhana dan tradisional. Produk keramik yang dihasilkan dari Desa Klampok, Banjarnegara adalah berupa patung, piring vas dan asbak, yang dimana sudah dipesan oleh berbagai daerah di luar Provinsi Jawa Tengah hingga keluar negeri. Pengrajin keramik di Desa Klampok sering sekali menghadapi pesanan yang sangat banyak dan kebanjiran order dari pecinta keramik mancanegara. Jadi gak diragukan lagi kualitas kerajinan tangan keramik yang ada di Banjarnegara ini.

    Kerajinan Keramik Kiara Condong

Wah kayaknya banyak di antara kita yang mengira kalau Bandung hanya terkenal dari bidang sandang dan pangan aja nih. Namun nyatanya, kerajinan tangan di daerah Kiara Condong, Bandung ini juga sangat terkenal banget loh, yaitu kerajinan tangan keramik. Kamu bisa menemukan banyak barang keramik berupa patung, guci, dan berbagai souvenir lainnya yang terbuat dari keramik. Bahkan karena keterampilan para pengrajin keramik dan kualitas keramik yang oke banget, kerajinan keramik di Kiara Condong ini sering mendapatkan pesanan dari berbagai negara seperti Jepang dan Eropa loh.

    Kerajinan Keramik Bali

Desa Pejaten, di Bali sudah sangat terkenal dengan kerajinan keramik nih. Hasil keramik yang dihasilkan di Desa ini berupa barang pecah belah seperti guci/gentong dengan ukiran khas bali yang indah, patung, pot atau vas bunga, peralatan makan dan dapur, asbak, tempat lilin dan lain-lain. Keterampilan tangan-tangan pengrajin keramik di Desa Pejaten ini mampu menarik perhatian para pecinta barang keramik, baik dalam negeri maupun luar negeri seperti Swedia, Australia, dan Jerman. Wah bahkan banyak yang menyebut kualitas kerajinan keramik di Bali ini punya kualitas yang setara hingga bisa melebihi hasil keramik dari Tiongkok loh. Buat kamu yang akan berkunjung ke Bali khususnya daerah Pejaten, kamu juga bisa melihat proses produksi keramik ini. Jangan lupa juga untuk beli keramik yang sudah dibuat dari tangan-tangan kreatif para pengrajin kerajinan tangan keramik ini ya.

Kerajinan tangan Indonesia seperti keramik ini mampu dan sukses di pasaran hingga mendunia. Bangga dong karena kerajinan tangan Indonesia itu keren-keren.

Gallery of Mengenal Daerah Penghasil Kerajinan Tangan Keramik di Indonesia

Write your feedback about "Mengenal Daerah Penghasil Kerajinan Tangan Keramik di Indonesia" here

Post that Related with Mengenal Daerah Penghasil Kerajinan Tangan Keramik di Indonesia

Sorry, no posts matched with "Mengenal Daerah Penghasil Kerajinan Tangan Keramik di Indonesia".